Kasus Bunuh Diri di Industri Hiburan Korea

11 Juni lalu, aktris pendatang baru Jung Ah Yool menulis di akun Facebook miliknya, “Tak ada yang bisa membuatku tenang”. Esok harinya, aktris berusia 25 tahun itu ditemukan tewas bunuh diri — diduga akibat perlakuan tak manusiawi yang ia terima saat syuting.

Di antara gemerlap industri hiburan Korea, kasus bunuh diri para artis jadi sisi gelap meski terjadi cukup sering. Kematian Jung Ah Yool hanya puncak gunung es yang masih mungkin untuk meruncing.

Dalam lima tahun terakhir, rata-rata terjadi dua kasus bunuh diri artis Korea tiap tahun. Ini dia beberapa di antaranya:

Jang Ja Yeon
Aktris drama “Boys Over Flower” ini gantung diri di rumahnya pada bulan Maret 2009. Dalam surat yang ditinggalkan, ia mengaku kerap dipukuli manajernya dan dipaksa melakukan hubungan seksual dengan petinggi industri hiburan.

Kasus ini membesar dengan munculnya nama 31 petinggi industri hiburan dalam dokumen setebal 230 halaman yang ditulis Jang Ja Yeon. Sebanyak 20 di antaranya diperiksa dan 7 orang mendapatkan vonis. Sementara sang manajer diganjar penjara selama satu tahun.

Jang Ja Yeon tewas dalam usia 29 tahun, saat dua filmnya “They Are Coming” dan “Penthouse Elephant” sedang menunggu jadwal rilis.

U;Nee
Penyanyi, rapper dan aktris cantik ini tewas gantung diri di rumahnya pada bulan Januari 2007. Dikenal sebagai Yuni di Jepang, U;Nee memulai debut pada tahun 2003 dan populer lewat single berjudul “Call Call Call”.

Tak ada keterangan penyebab bunuh diri artis yang saat meninggal berusia 26 tahun itu, selain bahwa ia tertekan akibat popularitas dan kritik penggemar atas citranya yang terlalu seksi.

Saat tewas, U;Nee sebenarnya telah merampungkan album ketiga. Albumnya kemudian dirilis sesuai rencana sebagai album post-humous (dirilis saat artisnya telah wafat) 5 hari setelah kematiannya.

Park Yong Ha
Park Yong Ha tewas dalam usia 32 tahun dengan kabel kamera rekaman melilit lehernya. Aktor yang populer lewat drama terkenal “Winter Sonata” ini bunuh diri di rumahnya pada bulan Juni 2010.

Tak ada surat yang ditinggalkan, juga tak ada tanda-tanda ia mengalami depresi. Polisi mengungkap, perusahaan hiburan yang ia kelola mengalami kendala. Sebelum bunuh diri, Park Yong Ha membintangi film fenomenal “The Scam” sebagai karya terakhirnya.

Kim Ji Hoo
Aktor dan model Kim Ji Hoo gantung diri di bulan Oktober 2008. Sebelumnya, ia memutuskan untuk mengakui dirinya seorang gay. Tindakan itu mengakibatkan sejumlah peragaan busana dan program televisi membatalkan penampilannya, dan berujung pada manajemen yang tak memperpanjang kontrak. Ia menghembuskan nafas terakhir dalam usia 23 tahun.

Selain nama-nama di atas, masih banyak artis Korea yang mengakhiri hidupnya sendiri seperti aktor Ahn Jae Hwan, aktris Choi Jin Sil, Lee Eun Ju dan Jung Da Bin, supermodel Kim Daul, dan lainnya.

Ketatnya kompetisi, tekanan industri, skandal, hingga kritikan tajam menjadi beberapa pemicu bunuh diri. Mau tak mau, inilah bagian dari industri hiburan Korea yang semakin mapan. Dan mungkin karena itu, jadi sedikit lupa dengan sisi manusiawi.

Semoga mereka beristirahat dengan tenang.

Cr : yahoo.com
Oleh :Anzarra Djahran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s